JOURNAL

Selasa, 19 Oktober 2021

Sedang Mencari Penghasilan Tambahan? Ini Beberapa Ideanya!

Sumber : freepik.com
 

Dengan segala kesempatan yang terbuka berkat kemajuan teknologi sekarang ini, penghasilan tetap idealnya jadi satu hal yang bisa didapatkan semua orang. Bagaimana tidak? Banyak sekali hal potensial yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan jika dilakukan dengan serius. 

Yap, idealnya, dilakukan dengan serius. 

Di luar pekerjaan utama yang Anda miliki, keterbukaan informasi dan mudahnya akses pada pengetahuan bisa membuka banyak pintu penghasilan lainnya. Jika Anda sekarang ini sedang mencari peluang-peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih di luar pekerjaan, artikel ini sangat tepat untuk Anda. 

Tidak Mungkin Tak Disebutkan, Dropshipper 

Sumber : freepik.com

Pekerjaan sampingan yang satu ini rasanya hampir selalu muncul dalam inspirasi penghasilan tambahan yang ditulis di semua blog. Bukan tanpa sebab, karena memang menjadi seorang dropshipper benar-benar menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan. 

Bayangkan dengan menjual produk milik supplier, yang tentu sudah ditentukan dengan cermat, Anda bisa mendapatkan keuntungan terus menerus. Anda hanya bertugas memasarkan produk tersebut, menjual lebih tepatnya, dengan brand Anda sendiri. Menerima pesanan dari pelanggan, meneruskannya ke supplier, dan menerima keuntungan dari selisih harganya. 

Praktis bukan? 

Penulis Artikel yang SEO Oriented 

Menulis artikel bisa jadi salah satu pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan. Terlebih jika dibekali dengan pemahaman mendalam mengenai SEO, maka artikel atau tulisan yang Anda buat bisa memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. 

Anda bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan mengunggah tulisan di blog Anda sendiri, yang nantinya akan mendapatkan keuntungan dari iklan atau produk yang masuk. Atau cara lain bisa bekerja sebagai penulis lepas di media atau perusahaan yang memerlukan jasa Anda. 

Tidak main-main lho, jika Anda cukup cermat mencari peluang, rate satu artikel bisa mencapai ratusan ribu untuk 700 kata artikel standar! 

Menguasai Bahasa Asing? Penghasilan Tambahan dari Alih Bahasa 

Sumber : freepik.com
 

Menguasai bahasa asing secara mumpuni bisa membuka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha alih bahasa. Misalnya saja Anda menguasai bahasa Inggris, atau Korea, atau Mandarin, atau mungkin Jerman dan Perancis, semua bisa dimanfaatkan secara optimal. 

Tak sedikit orang atau perusahaan yang mencari jasa alih bahasa untuk dipekerjakan secara lepas sesuai project yang sedang berjalan. Untuk bahasa yang tergolong sulit dan jarang dikuasai, rate-nya bisa cukup tinggi. 

Jadi jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, jangan disia-siakan ya! 

Jasa Titip, Peluang untuk Traveler 

Untuk Anda yang hobi melakukan perjalanan, baik secara pribadi atau penugasan kantor, Anda bisa membuka jasa titip untuk setiap perjalanan. Terlebih jika daerah yang dikunjungi merupakan daerah yang memiliki produk otentik, maka kesempatan ini terbuka lebar. 

Pada dasarnya, Anda membuka jasa untuk membelikan suatu barang dari tempat yang Anda kunjungi, untuk kemudian diberikan pada orang yang melakukan pemesanan. Tentu harga yang diberikan akan dinaikkan, sebagai selisih dan keuntungan yang Anda dapatkan. 

Jangan lupa, hitung biaya bagasi, ongkos untuk mencari barang tersebut, dan beban yang harus Anda bawa saat pulang nanti untuk mendapatkan tarif jastip paling pas. 

Ad Rater untuk Media Sosial 

Sumber : freepik.com
 

Mungkin profesi ini belum banyak diketahui orang, tapi ada pekerjaan yang dilakukan untuk menilai apakah iklan yang disajikan di media sosial sesuai dengan aturan atau tidak. Pekerjaan ini disebut dengan ad rater atau penilai iklan. 

Anda bisa mencari banyak situs yang membutuhkan tenaga untuk ini. Secara organik, Anda diperlukan menilai iklan yang disajikan oleh pembuat iklan. Terkait dengan kesopanan konten, kejelasan informasi, kesesuaian dengan aturan beriklan, dan lain sebagainya. 

Profesi ini cocok untuk mencari penghasilan tambahan, karena Anda bisa dibayar sekitar Rp.60.000 per jamnya. 

Streamer, Banyak Tantangan Tapi Bukan Tidak Mungkin 

Salah satu pekerjaan yang sebenarnya cukup basic, namun berpotensi besar adalah streamer. Streamer pada dasarnya menyiarkan kegiatan yang Anda lakukan, bisa kegiatan memproduksi, berkarya, atau bermain game, secara langsung untuk hiburan penonton. 

Memang mendapatkan pundi-pundi di sini bukan hal yang mudah karena banyak tantangan yang harus dihadapi. Namun ketika Anda sudah memiliki penonton setia, maka secara terus menerus kanal Anda akan semakin ramai. Sponsor mulai berdatangan, dan tip dari penonton juga nilainya cukup lumayan. 

Untuk yang satu ini, siapkan koneksi internet yang cepat dan stabil ya. Selain itu patuhi juga aturan streaming pada platform yang digunakan, agar tidak terkena banned. 

Itu tadi beberapa ide untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa Anda coba. Memang setiap poinnya menyajikan kesempatan dan tantangannya masing-masing. Tinggal sesuaikan saja dengan kondisi dan kemampuan yang Anda miliki, kemudian ditekuni agar bisa menghasilkan. 

Untuk informasi menarik seperti ide mendapatkan penghasilan tambahan dan tips bisnis, Anda bisa langsung singgah ke laman Jokul by DOKU. Selain menyediakan layanan pengelolaan pembayaran online yang praktis dan terjamin, blog Jokul juga menyediakan banyak artikel berguna untuk bacaan Anda. Sambangi sekarang juga, dan dapatkan informasi bergunanya! 


13 komentar:

  1. Saya pernah jadi dropshiper tas dan buka jastip waktu SMA dulu. Lumayan lah untungnya untuk nabung dan bayar SPP sekalian juga belajar berbisnis.
    Nah sekarang lagi fokus mengembangkan potensi menghasilkan dari blog dan ikut beberapa lomba blog. Makin kesini makin seneng dan semangat ngeblog-nya

    BalasHapus
  2. Wah menarik banget nih idenya dan jokul by doku ini aku baru tau kak pengen baca juga deh heheh

    BalasHapus
  3. Pas pandemi baru mulai belajar soal nulis pake teknik SEO, emang lumayan lah buat sampingan.

    BalasHapus
  4. Aku sekarang lagi menjalani jualan dengan sistem dropship nih. Lumayan juga sambil belajar bisa beli jajan dari keuntungan jualan.. sekarang udah banyak jalan ya untuk dapet uang tambahan

    BalasHapus
  5. Pas banget pengen mencari penghasilan tambahan mba Rien, karena sekalian mencari pengalaman juga mba... Kalau Adrater ini baru pertama kali dengar deh penasaran juga sama Adrater ini, lumayan cukup digaji per jam ya mba...

    BalasHapus
  6. Makin giatkan menulis dan dengan teknik yang bisa mantep di hadapan Mbah Gugel emang kudu rutin diterapkan. Soalnya itu memang jadi penghasilan yang bisa diharapkan, dan gak terbatas usia juga sih

    BalasHapus
  7. Wow aku baru tahu ada pekerjaan ad rater, otw nyari info sekarang wkwk thanks for the info ❤

    BalasHapus
  8. Wah betul aku baru tahu ada ad rater hehhee itu yg survey2 itu bukan sebab pernah ditawari semacam isi survey dapat cuan. Saat itu mraah sekali. Aku tim.dropshiper juga hehhee

    Asal kreatif an mau gerak di era saat ini sangat bisa menghasilkan cuan meski d rumah saja

    BalasHapus
  9. Sekarang saya lagi belajar jadi dropshiper. Memang belum banyak sih, karena masih tahap awal banget dan barang yang saya jual lebih barang spesifik tools maintenance mesin-mesin tertentu. Ini karena saking seringnya temen-temen kantor minta barang begituan. Hehehe
    Nice info nih, Mba Kate. Makasih ya. Saya langsung meluncur ke Jokul by DOKU nih.

    BalasHapus
  10. Saya pernah dulu pas masih kuliah ikut grup facebook yang menawarkan jasa penulisan artikel seo. Menarik banget buat tambahan uang jajan, tapi sekarang belum nemu yang cocok buat balik lagi nulis artikel seo.

    BalasHapus
  11. Dari 6 ide di atas, yang pernah saya coba hanya 3 yaitu penulis artikel, alih bahasa dan jasa titip. Jastip itu paling menyenangkan menurut saya, karena saya suka shopping. Jadi saat jastip, kita bisa keliling tuk beli ini itu tapi uang kita bukannya habis malah bertambah. Btw emang saya baru tau pekerjaan ad rater.

    BalasHapus
  12. Yang baru pernah di coba jadi dropshipper. Dan memang worth it banget dijadikan penghasilan tambahan. Kalau nulis, asal ditekuni bisa menjadi penghasilan juga :)

    BalasHapus
  13. wah nambah lagi nih, kayaknya bisa coba salah satu peluang di atas hehe

    BalasHapus