Senin, 10 Oktober 2016

5 Tips Efektif Meningkatkan Percaya Diri Memakai Fashion Busana Muslim


Beberapa perempuan muslim yang memutuskan berhijab merasa kurang percaya diri karena beberapa alasan. Kepercayaan diri seseorang setelah berhijrah memang kerap merosot karena khawatir terlihat kurang cantik dan terkesan tua. Padahal dengan berhijab Kita melindungi diri dari keinginan dunia yang berlebihan, sekalipun ingin tampil modis. Kita cukup terbantu dengan perkembangan fashion busana muslim yang menjadikan model baju muslim semakin modis atau modern.
Percaya Diri Usai Hijrah Menutup Aurat

Berhijrah bisa dilakukan perlahan dan tidak harus langsung sampai kepada busana muslimah syar’i yang memang tertutup dan cenderung berbusana gelap. Supaya nyaman dengan proses hijrah yang dipilih ada baiknya memulainya dengan busana yang sesuai kepribadian. Namun tetap batasi dengan aturan jelas, misal memakai pakaian yang menutup aurat sempurna, tidak ketat, tidak tipis menerawang, dan tidak juga terlalu berlebihan. Aturan jelas jika ditaati akan memberikan ketenangan meski begitu tetap utamakan kenyamanan dahulu.


Supaya lebih percaya diri kenakan busana muslimah yang menutup aurat dengan model dan pilihan warna sesuai keinginan. Sementara itu ada beberapa tips sederhana untuk tampil percaya diri dengan hijab:

•  Memilih baju yang bahannya enak dipakai
Kenyamanan dan percaya diri saat berhijab kemudian beraktivitas di luar rumah bersama dengan orang lain. Memerlukan busana yang pas, salah satunya yang terbuat dari bahan yang enak yakni bahan yang adem serta tidak terlalu berat.

•  Memakai baju dengan warna favorit
Supaya semakin nyaman dengan pilihan fashion busana muslim yang dipakai, kita bisa memilih warna yang sesuai keinginan. Modisnya tampilan muslimah zaman sekarang memberikan inspirasi bagi Kita untuk tampil tertutup namun tetap muda dan modern. Salah satunya lebih berani bermain dengan warna, memakai busana dan hijab bermotif yang kaya warna pun bisa dilakukan. Warna favorit akan menambah rasa percaya diri sehingga bisa berprestasi usai berhijrah.

• Gaya berhijab yang sesuai karakter wajah
Tampil menutup aurat memang akan membuat karakter wajah terlihat berbeda, sehingga ada yang terlihat lebih cantik atau sebaliknya. Supaya tetap terlihat cantik dan percaya diri memakai hijab dianjurkan memilih gaya berhijab yang sesuai dengan karakter atau bentuk wajah. Ada beberapa tutorial berhijab bagi pemilik wajah bulan, pipi tembem, dan lain sebagainya dengan benar. Perbanyak waktu mencari referensi supaya penampilan dengan hijab tetap terlihat menarik sehingga tidak sulit percaya diri dengannya. 


• Tetaplah bergaul dengan sahabat lama
Banyak sekali perempuan berhijab yang kemudian memutuskan untuk berpindah teman bergaul karena kurang mendapatkan dukungan. Dukungan di awal hijrah memang minim namun bukan berarti Kita meninggalkan sahabat lama dan mencari yang mendukung. Ada kalanya sahabat lama masih kaget dan merasa hijrah yang diambil hanyalah keinginan sesaat. Maka, kuatkan niat dan terus menjalin persahabatan sekaligus berprestasi bersama mereka. Buatlah mereka mendukung keputusan Kita dengan tetap berpegang teguh supaya semakin nyaman berhijab.

•  Perbanyak kegiatan rohani
Berhijrah menutup aurat sejatinya tidak hanya cukup dengan memakai baju panjang dan mengenakan hijab. Hati dan pikiran Kita pun perlu hijrah dengan memperdalam pemahaman agama, setiap harinya ada banyak hal yang perlu dipelajari. Lulusan pesantren atau bukan tidak berarti ilmu agama yang dimiliki cukup teruslah belajar dan ditingkatkan intensitasnya. Selain yakin keputusan yang diambil sudah tepat juga bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman makna hidup di dunia. Jangan lupa tetap berproses perlahan dan mengikuti fashion busana muslim untuk tampil modis usai berhijab. 


*gambar dari bukalapak.com

2 komentar:

  1. Secara pribadi paling nyaman ke luar rumah mengenakan hijab selain karena perintah agama juga terhindar dari sengatan sang surya yang terkadang membara.

    BalasHapus