Jumat, 12 Agustus 2016

Pesona Wisata di Bandung Selatan

Agro wisata Pengalengan

Bandung ke arah selatan lebih terkenal dengan Agro wisata seperti pertanian dan perkebunan teh Rancabali, Ciwidey, Malabar, Pengalengan dan Gununghalu. Terdapat juga beberapa tempat wisata yang sangat indah untuk dinikmati dan diabadikan seperti Kawah Putih, Rancaupas, Situ Cileunca dan masih banyak lainnya. Dari banyak destinasi tesebut, saya akan tuliskan dua tempat menarik yang pernah saya kunjungi yaitu Pengalengan dan Kawah Putih.


Pengalengan

Lokasi pegunungan Pengalengan terletak di sebelah selatan kota Bandung. Berjarak sekitar kurang lebih 40 Km dari pusat kota Bandung. Untuk menuju Pengalengan bisa ditempuh melalui dua arah. Jika dari Jakarta dan menggunakan jalan tol, dapat keluar di gerbang tol Kopo atau Buah Batu setelah itu ikuti petunjuk arah menuju Soreang.

Sepanjang perjalanan menuju kota Pengalengan, kita sudah disuguhi pemandangan indah. Dari ketinggian sudah bisa menikmati view kota Bandung dan sekitarnya. Sebelum sampai kota Pengalengan pun beberapa petunjuk jalan yang menawarkan beberapa tempat wisata terlihat.

Pada Km 30 terdapat jalan bercabang menuju wisata Gunung Puntang yang menyajikan Taman Bougenvill, air terjun dan wisata sejarah berupa goa peninggalan jaman Belanda. Pengalengan sendiri menawarkan wisata pemandangan alam dan udara sejuk yang menyegarkan. 

Kebun Teh Malabar

Kawah Putih
Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan. Yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian 2090 m dpl di bawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

Suhu udara di kawasan Kawah Putih dingin dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius. Oleh karena itu jangan lupa membawa baju hangat dan juga masker pelindung. Bau belerang yang kuat membuat beberapa orang tidak kuat berlama-lama berada di lokasi Kawah Putih.
 


Kawah Putih terletak di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Situ Patenggang dan dapat dicapai dengan mudah bila kita membawa kendaraan pribadi karena terdapat banyak penunjuk jalan.

Bila menggunakan kendaraan umum, kita bisa menumpang angkutan umum dari terminal Leuwi Panjang yang menuju ke terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, kita juga dapat menggunakan angkutan umum yang menuju Situ Patenggang dan turun di depan gerbang Kawah Putih. 

Kawah Putih

Objek wisata seperti Situ Patenggang, Situ Cileunca, Ranca Upas, dan Perkebunan Teh Ranca Bali pun tak kalah menarik. Berlibur dan berwisata ke tempat-tempat tersebut tentu sangat menarik dan mengesankan.

Soal penginapan tidak perlu khawatir, sebab di Bandung punya banyak pilihan hotel. Kamu bisa cek situs traveloka.com untuk mencari hotel sesuai selera. Untuk info lengkap seputar tempat penginapan yang ada di Bandung dan sekitarnya ada dalam situs tersebut. Selain mudah, proses pemesanannya pun cepat.

Tunggu apa lagi, yuk menghirup udara segar Bandung Selatan.

*semua foto oleh Katerina

5 komentar:

  1. Sejuknya pegunungan terasa Dr gambar n cerita yg ditulis Mb Rien.

    BalasHapus
  2. Belum pernah ke Kawah Putih, kalau bawa anak2 sebaiknya mulai mereka usia brp ya mbak? Kalau msh balita kyknya kk gk nyaman gtu ksana. Tapi emaknya pengen sejak lajang pengen ksana... :D

    BalasHapus
  3. Kalau ke Bandung palingan terus ke Lembang sama ke Jatinangor doang :))
    Duh, kangen Bandung.

    BalasHapus
  4. baru sempat ke ciwedey. kebun tehnya belum

    BalasHapus
  5. Belum pernah berkunjung ke Pengalengan. Mau lah kapan2 ke situ, bagus buat foto-foto ya..

    BalasHapus