Rabu, 13 Juli 2016

Jangan Dua Kali Masuk Kulkas


Cara terbaik untuk mengawetkan makanan adalah dengan membekukannya. Dengan menyimpan di lemari pendingin, kesegaran makanan/minuman dapat terjaga. Akan tetapi, tidak semua makanan bisa disimpan kembali dalam kulkas setelah dikeluarkan.


Penurunan Kualitas Rasa
Setiap kali suatu produk dibekukan, lapisan terluarnya rusak. Tak heran jika makanan beku rasanya tak selezat makanan segar. Kalau dibekukan kembali setelah berada di suhu ruang, makin banyak struktur sel makanan itu yang rusak. Rasanya akan semakin menurun. Bakteri pun berkesempatan tumbuh.

Protein Hewani
Protein hewani mentah, seperti daging, ayam, dan hasil laut masih bisa dibekukan ulang hanya jika kondisinya masih beku. Kalau sudah pernah berada di ruangan yang suhunya lebih dari 5,5 derajat Celcius, buang saja. Demikian juga dengan es krim yang telah mencair. Percaya deh, kita tidak akan mendapatkan tekstur yang sama meski mencoba membekukannya.

Konsentrat Jus
Fermentasi terjadi begitu cepat. Itu sebabnya begitu jus keluar dari kulkas, mesti segera dihabiskan. Jangan pernah menyimpannya kembali ke lemari pendingin setelah lama berada di suhu ruangan.

Protein Matang
Protein beku yang telah diolah menjadi hidangan untuk keluarga masih dapat disimpan jika tak habis. Tapi, ingat, cukup satu kali saja mendinginkannya ulang. Setelah itu, singkirkan dari meja makan dan jangan simpan lagi di kulkas. Meski dapat menghemat sejumlah rupiah, kalau termakan justru berbahaya bagi kesehatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar