Rabu, 13 Juli 2016

Duduk Aktif pun Ada Seninya


Salah satu bencana bagi kesehatan adalah duduk di depan meja kerja selama lebih dari delapan jam. Disebut bencana karena duduk berlama-lama dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, pembuluh darah, dan kematian usia muda. Tetapi, itu bukanlah resiko yang tak bisa dihindari. Dengan melakukan beberapa gerakan simple yang direkomendasikan dari lama Q by Equinox dapat membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Perubahan Fisiologis
Tubuh dapat mengalami perubahan fisiologis apabila duduk berjam-jam. Jika tak digerakkan dalam waktu lama otot bisa memendek, menyusut dan melemah. Ketika digerakkan, otot mendapat hidrasi dan nutrisi untuk membuatnya sehat. Usahakan bergerak aktif meski sambil duduk.

Peregangan
Kamu terbiasa membungkuk di meja kerja? Mari kembalikan postur tubuh yang baik dengan melakukan gerakan sebaliknya. Langkahkan kaki ke kiri ke depan membentuk sudut 90 derajat dan luruskan kaki kanan di belakang. Ulangi gerakan ini tiga sampai empat kali sehari. Lalu, regangkan dada, bebaskan tangan, sambil regangkan panggul dengan memutar kaki ke arah luar. Tahan posisi ini selama 10 detik dan ulangi 10 kali.

Olahraga Ringan
Lepas sepatu dan gulingkan botol atau bola ke depan dan ke belakang untuk meningkatkan sirkulasi darah di kaki. Langkah ini bisa membantu betis dan pergelangan kaki agar tidak kaku. Agar kepenatan terusir, cobalah wall squat selama semenit. Ulangi tiga kali saja.

Buat yang biasa duduk berlama-lama, cobain yuk tipsnya :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar