Kamis, 12 Mei 2016

Trip ke Green Canyon Indonesia

Green Canyon Indonesia
Sumber gambar : anekatempatwisata.com

Weekend sebentar lagi nih. Sayang jika kita lewatkan begitu saja. Tidak ada salahnya jika kita trip ke tempat yang berbeda dari biasanya. Jika weekend kamu habiskan di wilayah sekitar saja. Kenapa tidak kamu coba satu tempat ini yang indahnya luar biasa. Kamu akan merasakan suasana seperti di Green Canyon. 

Sebelum trip ke Green Canyon, ada baiknya kita mempersiapkan segalanya demi kelancaran selama perjalanan nanti.

Tas Ransel
Pilihlah ransel yang anti air. Karena kamu akan mengunjungi tempat yang lumayan lembab dan segala aktivitas disana akan banyak bersentuhan dengan air. Jika tidak mungkin kamu akan mengalami kebasahan nantinya. 

Perlengkapan Pribadi
Persiapkan juga perlengkapan pribadi yang akan kamu bawa ke sana. Mungkin seperti peralatan mandi, obat-obatan pribadi, baju ganti, atau hal lainnya. Jangan sampai nanti kamu kebingungan karena tidak membawa perlengkapan tadi. 

Uang Saku
Persiapkan juga uang saku untuk ke sana. Jumlah dari uang saku ini menyesuaikan kebutuhan kamu. Setiap orang pasti berbeda kebutuhannya. Uang saku ini bisa digunakan untuk segala keperluan yang mungkin akan kamu beli disana. 

Seperangkat Gadget
Di zaman yang serba digital ini. Kamu seharusnya tidak meninggalkan gadget saat berwisata. Karena kamu bisa mengabadikan segala momen kamu selama di sana. Perangkat yang mungkin bisa kamu bawa seperti Smartphone berkamera, Charger, Power Bank, dan Kamera DSLR jika diperlukan. 

Hotel/Penginapan
Persiapkan juga soal urusan penginapan. Kamu bisa memilih hotel, losmen atau bisa menghubungi sanak keluarga untuk bisa dijadikan tempat penginapan. Untuk tarif hotel di sekitar pagandaran terbilang terjangkau. Ada banyak Hotel yang disekitar pangandaran diantaranya Hotel Surya Kencana Seaside Hotel, The Arnawa Hotel, Grand Tirta Hotel, dan masih banyak lagi. Untuk mempermudah kamu mencari hotel di sekitar Pangandaran kamu bisa klik disini 

Transportasi
Kamu bisa memilih berbagai transportasi untuk bisa menuju ke Green Canyon Indonesia. Bisa menggunakan Travel wisata, Bus Umum, Rental Mobil, Atau mengajak teman yang memiliki mobil. Untuk bus umum, ada beberapa terminal yang menyediakan untuk bisa mengantarkan kamu langsung ke tempat lokasi seperti Terminal Depok, Bekasi, Cikarang, Serang. Untuk tarif bus menuju ke pangandaran Range Rp 55.000 – Rp 95.000. Jika kamu berada diluar pulau jawa. Kamu bisa naik pesawat dan turun di bandara Bandung. Dari Bandung kamu bisa langsung mencari bus menuju ke Pangandaran. 

Rame – Rame
Keindahan alam di Green Canyon sangat sayang jika dinikmati hanya sendiri. Kamu bisa mengajak teman, keluarga, atau kekasih mungkin jika kamu tidak jomblo hehehe.  

Sumber gambar: Indonesia.travel

Nama asli dari Green Canyon ini adalah Cakung Taneuh. Mungkin kebanyakan wisatawan lebih mengenal Green Canyon dibandingkan nama aslinya. Pemberian nama Green Canyon diberikan oleh seseorang berkebangsaan Perancis pada tahun 1993. Dinamakan Green Canyon karena suasana alamnya yang luar biasa, air yang jernih dan dikelilingi oleh tebing-tebing berlumut persis seperti suasana di Green Canyon. Lokasi persis dari Green Canyon ini terletak di Desa Kertajaya, Cijulang, Ciamis.

Ketika kamu sudah sampai di lokasi, kamu pasti akan merasa takjub dengan suasana alam disana. Siapkan juga kamera beresolusi cukup untuk mengabadikan segala keindahan yang ada. Persiapkan juga memori yang cukup. Karena kamu pasti akan cukup banyak menghabiskan memori yang cukup banyak untuk momen–momen di sana. Jangan juga lupa untuk mempersiapkan pembungkus kamera anti air karena kamu akan banyak berinteraksi dengan air.

Kamu akan menemukan aliran sungai di sepanjang jalan Green Canyon. Kamu bisa berenang disana bersama ikan-ikan yang dapat dilihat langsung. Karena air sungai yang jernih dan juga segar. Sehingga membuat kamu bisa fresh kembali setelah kepentatan selama bekerja di kantor.

Selain itu kamu juga bisa berjalan-jalan menggunakan perahu menyusuri gua dengan stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Kamu juga bisa menikmati suara gemuruh air yang berjatuhan ditebing. Jika kamu menyukai tantangan. Kamu bisa melakukan terjun ke sungai dari batu yang memiliki ketinggian 5 meter atau kamu bisa mencoba atraksi panjat tebing.  


Sumber gambar : travel.kompas.com

Nah, untuk kamu yang lebih menyukai ketenangan. Kamu bisa mencoba bersampan menyisiri arus sungai. Dan untuk kamu yang mempunyai hobi memancing, Green Canyon juga punya spot yang oke. Kamu bisa menikmati memancing sambil bersampan.

Ada satu kegiatan yang menjadi favorit dan primadona bagi para wisatawan yaitu Body Rafting. Body Rafting adalah rafting menggunakan badan yang berpelampung. Jika rafting biasanya menggunakan perahu. Maka di Green Canyon ini kamu bisa melakukannya dengan badan kamu yang dibalut oleh pelampung. Untuk body rafting ini dibandrol dengan harga berkisar antara Rp 150.000 sampai Rp 250.000. Kamu tidak hanya bisa menikmati body rafting, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti melompat dari tebing dengan ketinggian 9 meter, dan juga trekking.

Sebaiknya kamu membawa bekal jika ingin berwisata ke sini. Namun, untuk kamu yang tidak membawa bekal. Ada banyak rumah di sekitar pintu masuk yang menyediakan masakan Sunda dan seafood. Ada juga abang-abang gerobak yang menjual bubur ayam, bakso dan makanan lainnya.

Ada sedikit tips untuk kamu yang akan pergi ke Green Canyon pada waktu weekend. Kamu harus ke sana lebih pagi lagi dari jam buka. Jam buka Green Canyon dari jam 07.30 – 16.00. Jika kamu tidak datang lebih pagi, akan ada banyak sekali pengunjung di sana.

5 komentar:

  1. Mau lah kemari, tapi di weekdays. Asik kayaknya..

    BalasHapus
  2. Sayangnya pas kami ke tempat ini masih turun hujan. Arus sungai yg deras membuat warna airnya jadi coklat. Udah ngga lihat the beauty of green, gak disarankan utk turun ke air pulak. Jadw weh, cuma naik perahu doank. Hiks :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Ratna sudah sharing pengalamannya. Jadi tahu, kalau ke GC berarti jangan pas musim hujan. Moga kalau ke sana lagi, mbak Ratna bisa beruntung :)

      Hapus