Minggu, 29 Mei 2016

Sayuran Berkhasiat Dalam AlQuran


Ada tiga sayuran yang disebutkan dalam Alquran secara bersamaan pada ayat ke-61 surah Albaqarah. Temuan dari ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa ketiga jenis sayuran ini ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang utama bagi kesehatan. Menariknya, ketiga sayuran ini merupakan permintaan dari Bani Israil kepada Musa AS. Ketiga sayuran yang dimaksudkan ayat tersebut di atas adalah :

MENTIMUN

Rasulullah SAW seperti yang dikisahkan dari hadis riwayat Bukhari, gemar mengonsumsi timun dan kurma basah. Dan ternyata, mentimun adalah jenis sayuran yang istimewa. Banyak kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh di dalamnya.

Mentimun rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium. Mentimun juga sumber vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor, dan magnesium. Mentimun ini juga tinggi kalium, karbohidrat, vitamin C dan K.

Sebuah penelitian mengungkapkan, setidaknya ada 30 khasiat mentimun bagi kesehatan. Tiap bagian dari sayuran ini mengandung khasiatnya sendiri, mulai dari kulit, daging, bahkan bijinya. Seperti pencegah gangguan jantung, membantu pencernaan, dan mengatasi batu ginjal.

Saya suka timun sebagai minuman seperti biasa yang tersedia di warung Aceh. Biasanya, jika saya menikmati menu mie Aceh, minumnya saya pilih Es mentimun. Kalau di rumah, saya makan sebagai lalapan, selain biasa saya gunakan untuk masker mata. Anak perempuan saya suka buah ini, kadang dijadikan cemilan seperti dia biasa makan buah lainnya. 

Mentimun segar untuk mengatasi batu ginjal

BAWANG MERAH

Bawang merah adalah jenis sayuran favorit dalam dunia kuliner sepanjang sejarah peradaban. Sayuran ini mengandung hormon auksin dan giberlin sebagai pengatur tubuh alami. Sayuran ini juga memiliki kandungan gizi berupa vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. 

Kandungan antispetik dan senyawa alliin yang diproses oleh enzim allinase menjadi antimikroba yang bersifat bakterisida. Beberapa khasiatnya, antara lain, mengontrol kadar kolesterol, pencegah pertumbuhan sel kanker, dan mengontrol kadar diabetes.

Bawang merah untuk mencegah pertumbuhan sel kanker

  
BAWANG PUTIH

Tanaman ini disebut-sebut berasal dari Mesir, sesuai dengan konteks turunnnya ayat ke-61 surah Albaqarah di atas. Tak heran jika tradisi para Firaun menjadikan bawang putih sebagai barang suci dan sesajen untuk dewa mereka 5.000 tahun silam. Dunia barat pun baru mengenal tanaman ini selama Perang Salib berlangsung.

Temuan termuktahir mengungkap khasiat bawang putih yang mengandung protein, vitamin B, C dan E, mineral, dan arang nabati. Selain itu juga terdapat protida, fostam oksida, dan antibiotik. Bawang putih bermanfaat sebagai penawar tipus, gangguan tenggorokan, batuk, TBC, dan melawan kolesterol jahat.

Bawang putih untuk melawan kolesterol
  
Luar biasa ya, ternyata sayur-sayuran yang pernah disebutkan dalam Alquran tersebut memiliki khasiat dan manfaat yang besar. 

Saya mengonsumsi ketiganya, tetapi hanya mentimun yang bisa saya makan langsung. Sedangkan bawang merah dan bawang putih kalau bisa diolah menjadi bumbu masakan saja :D

Kalau kamu?



10 komentar:

  1. Bawang merah aq masih doyan nyeplusnya Mba Rien...klo bareng sate ;)

    BalasHapus
  2. Aku idem sama Mbak uniek nyeplus bawang saat makan sate.
    Btw itu semua enak dijadikan satu makannya bikin rujak hehe

    BalasHapus
  3. Paling suka bawang merah. Selain dibikin sambel matah, sambel sate juga dibikin bawang merah goreng..sedep

    BalasHapus
  4. Duh bawang merah.. #nyengir
    Di rumah aku selalu skip semua masakan yg pake bawang merah mbak. Kalo mamaku yang masak, karena tau aku gak makan bawang biasanya klo masak bawang tuh diuleg ato diblender sampe halus.. Kalo masih keliatan bentuk bawang ato aroma bawangnya masih kecium, aku biasa ga mau makan :D :D

    BalasHapus
  5. Saya jarang makan mentimun, bisa pingsan. Tensi darah makin rendah. Kalo bawang merah dan putih gak pernah lepas, selalu dijadikan bahan masakan.

    BalasHapus
  6. Aku suka banget bawang merah. Kalau makan mie aceh bakal minta tambah bawang merahnya 1 mangkok :D

    BalasHapus
  7. Bawang merah bawang putih aku makan ngga dalam bentuk bumbu suka, tapi digoreng dulu hihii

    BalasHapus
  8. saya juga suka mentimun enaknya pas buat lalapan :D

    BalasHapus
  9. suka banget mentimun mbak. biasanya dicemilin buat tambahan makanan ato cemilan biasa. kadang juga buat masker mata . bikin freshh hhe
    klo bawang merah sma putih, biasanya dipke klo lgi panas :D
    pastinya buat masak juga hhee

    BalasHapus
  10. subhanallah ternyata banyak ya manfaatnya...

    salam kenal

    BalasHapus