Rabu, 13 April 2016

Tips Merawat Kulit Sehari-hari dan Mencegah Kulit Kusam


Kulit adalah bagian tubuh yang sangat penting bagi perlindungan manusia. Permukaan kulitlah yang menjadi benteng pertama dalam lingkungan hidup Anda, dari sinar matahari yang panas, sampai dengan polusi dan debu yang bertebaran. Tak mengherankan pula jika kemudian kulit menjadi hitam atau kusam karenanya. Oleh sebab itu, jaga selalu bagian-bagian kulit Anda, ikuti tips merawat kulit berikut ini.

Pertama-tama, Anda harus tahu bagaimana merawat kulit secara keseluruhan. Berikut adalah caranya:

1.    Minum air putih
Sering-seringlah mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak, setidaknya 8 gelas sehari. Ini karena air putih membantu melarutkan racun di tubuh, dan membuat kulit menjadi lebih kencang dan segar.

2.    Istirahat cukup
Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap hari, 6 hingga 8 jam. Tidur malam merupakan kesempatan di mana sel-sel tubuh melakukan regenerasi secara maksimal, sehingga kulit lebih segar.

3.    Makanan sehat
Memakan banyak buah dan sayur yang mengandung berbagai vitamin dan mineral akan mempengaruhi kulit Anda sehingga lebih bersinar dan sehat. Hindari gorengan, karena minyaknya akan membuat kulit lebih berminyak dan kusam.

4.    Menjaga kelembaban kulit
Sehabis mandi, usapkan lotion ke kulit, atau sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Ini akan menjaga kadar kelembaban kulit.

5.    Jaga kebersihan kulit
Rutin membersihkan muka dan mandi 2 kali sehari merupakan syarat agar kulit Anda tetap terjaga dan terlihat bersih.

Namun kadang aktivitas sehari-hari yang sibuk membuat Anda tidak sempat melakukan tips merawat kulit di atas, atau mungkin saja kegiatan tersebut tak dapat mengimbanginya. Kulit bisa saja menghitam dan kering di bagian-bagian tertentu, yang menyebabkan wajah dan tubuh Anda terlihat tak mulus lagi. Ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan maupun kesehatan sendiri. Adakah cara menanganinya?

Agar ini tak terjadi pada Anda, cegah kulit menjadi kering, kusam, dan menghitam dengan cara seperti ini:

1.    Pakai tabir surya
Ketika akan berada di luar ruangan, gunakan tabir surya di tubuh Anda dengan SPF 30. Gunakan 2 jam sekali untuk hasil yang maksimal.

2.    Jangan berendam terlalu lama
Jangan berendam di air hangat terlalu lama agar kulit tetap lembab dan tidak menjadi bersisik.

3.    Pakai pakaian lengan panjang
Harus berada di luar ruangan sepanjang hari? Gunakan pakaian lengan panjang sehingga Anda tidak terkena matahari secara langsung, dan kulit tidak menjadi belang.

4.    Waspada di atas jam 09.00
Begitu matahari sudah di atas di atas jam 09.00, waspadalah karena sinarnya semakin menyengat. Kalau Anda hendak olahraga atau beraktivitas lain di luar, sebaiknya lakukan sebelum jam ini.

Bila Anda hendak luluran atau menggunakan masker untuk wajah, maka sebaiknya pakailah yang terbuat dari bahan alami. Contohnya adalah:
  • Jeruk nipis – perasannya bisa dibalurkan ke seluruh wajah dan tubuh, karena vitamin C di dalamnya bisa mencerahkan kulit.
  • Kentang – iris umbi kentang dan gosokkan di daerah kulit yang mulai menggelap sebanyak 2 hari sekali. Dijamin, kulit akan kembali putih.
  • Pepaya – gunakan pepaya yang dihaluskan untuk lulur sehabis mandi, setidaknya 2 kali seminggu.

Itulah beberapa tips merawat kulit yang bisa Anda lakukan sehari-hari. Jika dilihat, sebenarnya terlihat mudah untuk dilakukan, bukan? Pada dasarnya Anda harus menjaga agar Anda hidup dengan sehat dan menjaga badan dari sinar UV matahari yang sangat berbahaya bagi tubuh. Lakukan hal-hal di atas, dan niscaya kulit Anda akan terus terawat sampai tua.

19 komentar:

  1. Yes. Tipsnya setuju banget, terutama bagian makan makanan yang sehat, terutama minum air putih.

    BalasHapus
  2. tabir surya tuh yang gak boleh lupa :D

    BalasHapus
  3. Nice tips, mbak Rieeen... Istirahat cukup ini nih yang susah.. Masih suka begadang malem-malem. Walhasil kadang bangun pagi dengan muka yang masih kucel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begadang jangan begadaaang *nyanyi* :))

      Hapus
  4. Ahhh kadang banyak yg ga aku kerjain, terutama sun block, entah kenapa selalu jerawatan, jadi males makenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sunblocknya bikin jerawatan atau gimana mbak?

      Hapus
  5. Tipsnya bisa dicoba ni. Makasih mba rien. #kasih kode tomat, hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...tomat andalan untuk perawatan kulit dari dalam dan luar ya mbak Ima. Sudah makan tomat berapa kilo hari ini? :D

      Hapus
  6. Perlu banget ni kak... setiap bawa tour selalu gosong kulit ku :(
    Hikssss

    BalasHapus
  7. harus pake tabir surya terus ya mbak kalausiang

    BalasHapus
  8. "Rutin membersihkan muka dan mandi 2 kali sehari"
    Ini yang paling susah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tahu caranya kalau mau mudah. Mau dikasih tahu nggak? :D

      Hapus
  9. Tabir surya is a MUST!
    Minum air putih, kecanduanku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini baru top. Mesti dicontoh ini :)

      Hapus