Kamis, 24 Maret 2016

Jenis Makanan dan Masakan Yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dewasa ini sering dirasakan oleh beberapa orang. Memang tidak ada solusi instan dalam mengobati penyakit ini, yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengatur pola makan dan menu makanan yang disantap oleh si penderita penyakit ini, berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membuat makanan ataupun resep masakan bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi:

•  Penggunaan garam
Garam dan sodium merupakan musuh bagi penderita hipertensi dan penyakit jantung, berdasarkan panduan diet yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika, batas konsumsi garam bagi penderita hipertensi adalah 1500 mg. Sebanyak 75% sodium yang dikonsumsi manusia umumnya berasal dari makanan-makanan kemasan.

• Deli Meat (daging olahan yang berasal dari hewan yang diberi hormon pertumbuhan)
Jenis daging ini mengandung banyak sodium, disamping itu juga telah dibumbui dengan garam. 2 ons dari daging ini mengandung 600 mg sodium bahkan lebih.

•  Pizza yang telah dibekukan
Pizza yang merupakan kombinasi dari keju, daging, saus tomat dan roti akan sangat berbahaya bagi penderita hipertensi jika dibekukan terlebih dahulu sebelum disantap karena untuk menjaga rasa dari pizza setelah dimasak, produsen biasanya menambahkan garam dalam jumlah yang banyak. Satu peredam dari pizza tersebut mengandung 1000 mg sodium bahkan kadang lebih, semakin tebal topping dari pizza tersebut maka semakin tinggi kadar sodiumnya

•  Acar atau asinan
Penggunaan garam dalam makanan berfungsi untuk mencegah makanan tersebut busuk dan menjaganya agar tetap tahan lama. Namun garam dapat mengubah mentimun menjadi spons yang berisi dengan kandungan sodium dalam jumlah besar. Sebuah acar yang disimpan dalam toples atau kaleng bisa mengandung 300 mg sodium.

•  Saus tomat yang dikalengkan maupun dalam kemasan botol
Tomat memang bukanlah makanan yang dianjurkan bagi penderita hipertensi apalagi saus tomat yang telah dikalengkan, yang biasanya setengah kaleng saus tomat mengandung 450 mg sodium.

•  Gula
Konsumsi gula erat hubungannya dengan obesitas dan kelebihan berat badan, namun bukan hanya itu gula juga berdampak negatif bagi penderita hipertensi terutama minuman-minuman manis kemasan. Hal ini dikarenakan gejala hipertensi sering ditemukan pada orang yang memiliki kelebihan berat badan dan obesitas. Berdasarkan Asosiasi Jantung Amerika, rekomendasi jumlah gula yang baik dikonsumsi wanita adalah 6 sendok teh perhari, dan bagi laki-laki 9 sendok teh gula perhari.

•  Kulit ayam serta makanan-makanan kemasan
Penderita hipertensi harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti yang terkandung didalam kulit ayam, daging merah, mentega dll. Lemak jenuh dihasilkan melalui proses yang disebut hidrogenasi dimana minyak-minyak cair bergabung dengan udara untuk menghasilkan minyak padat. Lemak jenuh biasa dijumpai pada daging dan produk-produk sapi lainnya. Namun kontribusi lemak jenuh paling besar berasal dari makanan-makanan kemasan yang biasanya menyebabkan makanan kemasan jadi lebih tahan lama.

•  Kopi
Bagi penderita hipertensi dan orang yang telah mengalami gejala hipertensi sebaiknya menghentikan konsumsi dari kopi, karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat memicu naiknya tekanan darah seseorang. Termasuk juga minuman berkafein lainnya seperti: minuman bersoda atau teh-teh yang mengandung kafein tinggi seperti green tea.

•  Alkohol
Alkohol adalah pisau bermata dua bagi penderita hipertensi, alkohol dalam jumlah tertentu bisa menurunkan tekanan darah seseorang. Tentu saja dengan kadar yang sedikit, namun konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dapat langsung meningkatkan tekanan darah. Berdasarkan info dari Klinik Mayo, meminum lebih dari 3 gelas alkohol dalam sekali duduk dapat langsung meningkatkan tekanan darah secara sementara. Disamping itu alkohol juga mengandung banyak kalori yang justru berdampak pada naiknya berat badan, yang malah meningkatkan potensi masalah hipertensi

Demikianlah beberapa hal penting dilakukan dalam membuat dan menyediakan makanan bagi penderita hipertensi. Baca juga berbagai jenis resep masakan terbaik di resep masakan terbaru.

6 komentar:

  1. Nice info mbak.... Tapi aku justru darah rendah siih.. Kalo pas ngedrop biasanya langsung cari sate kambing hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sama kayak mbak Dian. Ngopi aja yuk mbak :)))

      Hapus
  2. Wah penting ini... Catettt... Makasih mba rien...

    BalasHapus
  3. Beberapa makanan itu bisa bikin tekanan darah naik pas liat tagihan. Apalagi kalau salah kasih tagihan :D

    BalasHapus
  4. wah hampir semua lah enggak bisa di makan -_-

    BalasHapus
  5. emem..makanan enak semua nich

    BalasHapus