Senin, 28 Maret 2016

Godaan Shopping Online

www.mataharimall.com

Perkembangan e-commerce di Indonesia semakin maju berkat dukungan teknologi yang mumpuni dan meningkatnya pengguna internet. Toserba atau depstore virtual tumbuh menjamur. Toko-toko konvensional kini juga mulai berekspansi ‘menjemput bola’ membuka toko online selain toko offline.

Makin berkembangnya toko online, yang dijual pun makin beragam tak sebatas fashion saja. Mulai dari barang-barang kecil hingga tiket, voucher, dan makanan juga dipasarkan. Toko-toko online besar ini juga sudah memiliki aplikasi (apps) agar lebih mempermudah konsumennya dalam mengakses toko mereka secara mobile.

Bagi para pelaku bisnis di tanah air, utamanya bisnis kecil dan menengah (UMKM), hal ini tentu jadi angin segar buat mereka. Akses pasar makin luas tanpa dihalangi batas waktu dan geografis, karena dengan menggunakan e-commerce, UMKM berpotensi untuk tumbuh 2 kali lebih cepat ketimbang mereka yang hanya bergantung pada saluran penjualan konvensional.
 
www.mataharimall.com

Bisnis online membuat pelanggan jadi lebih dimanjakan dengan banyaknya pilihan dan kemudahan delivery produk atau jasa yang dibutuhkan. Tak semata menjual barang, jasa ojek dan taksi pun bertransformasi ke layanan bentuk digital. Contoh paling nyata dan fenomenal saat ini yakni hadirnya Uber, Gojek, atau Grabtaxi yang seolah menyadarkan kita betapa makin lama hidup kita makin dipermudah dengan bantuan teknologi.

Tahun lalu, food panda dan happy fresh turut serta menambah daftar aplikasi di smartphone saya untuk layanan pesan antar makanan dan belanja segala kebutuhan. Saya sudah belanja beberapa kali lewat kedua situs tersebut. Hasilnya? Memang benar-benar praktis dan efisien.

Toko-toko online memang menawarkan banyak kelebihan, antara lain kenyamanan dan pilihan produk yang sangat luas. Di tengah kemacetan kota Jakarta dan waktu yang sempit, kita tinggal masuk ke situs belanja untuk memilih barang yang dibutuhkan. Barang tersebut juga langsung diantarkan. Sangat menolong masyarakat urban yang sibuk.

Selain itu, toko-toko online juga berlomba-lomba menawarkan diskon dan layanan servis. Toserba mataharimall.com misalnya, yang banyak memberi potongan harga, penawaran dan promo spesial, serta pengiriman gratis, membuat saya makin gandrung belanja fashion di mall yang satu ini. Bukan tanpa tujuan semua itu diberikan, tak lain agar lebih meningkatkan kepercayaan konsumen. 

www.mataharimall.com

Agar ujung jari tak impulsif meng-klik
Ada ungkapan begini: Hari kerja belanja di toko online, akhir pekan belanja ke mall. Nggak keliru juga. Tapi terkadang, dengan kesibukan pekerjaan, akhir pekan justru kerap dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga dan bermain dengan anak. Jadi kalau mau belanja, tetap memilih belanja online.

Belanja online membawa kesenangan tersendiri. Dengan mudah, seseorang bisa melihat perbandingan harga antara toko yang satu dengan yang lainnya. Walau tetap diakui, belanja konvensional barang-barang fashion jauh lebih menyenangkan karena dapat melihat dan memegang secara langsung barang yang akan akan beli.

Belanja online memang memudahkan karena punya banyak kelebihan, namun juga harus cermat agar tak kecewa jika terjadi masalah dalam pemesanan. Karena itu, saat godaan shopping online datang, perlu strategi agar ujung jari tak impulsif meng-klik. 

Meski sering impulsif, online shopping mestinya tidak lantas membuat jadi bokek selama pandai mengatur perencanaan keuangan dengan sebaik mungkin. Amannya, tiap bulan belanja konvensional tetap harus mendominasi, utamanya untuk kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan. Kebutuhan seperti ini sifatnya butuh cepat, maka baiknya beli langsung, bukan menunggu kiriman yang butuh waktu berhari-hari.
 
www.mataharimall.com

Tips bijak belanja online berikut bisa dijadikan catatan buat para penggemar belanja online.
  • Selidiki review dari mesin pencari tentang reputasi seller dan testimoni pembeli sebelumnya sebelum transaksi.
  • Cermat dan teliti membaca tentang deskripsi produk dan jaminan garansinya. Cek di mana lokasi tempat pengembalian barangnya. Pilih seller yang lebih mudah dijangkau, bukan di luar kota.
  • Simpan daftar barang di keranjang belanja, dan lakukan eksekusi pembayaran saat barang-barang tersebut sedang didiskon. Bisa jadi setelah beberapa waktu kita justru sadar barang tersebut belum terlalu dibutuhkan dan akhirnya kita bisa menunda membelinya.
  • Agar tak impulsif dan kebobolan, mengalokasikan bujet khusus yang masuk akal untuk transaksi kas (transfer bank) dan pemakaian kartu kredit Anda untuk ‘jajan’ online maupun offline. Jika limit sudah habis, berarti waktunya untuk stop belanja.


Bermodalkan nomor rekening atau kartu kredit, siapa saja memang bisa membeli apa pun lewat internet. Namun, sebelum belanja tak ada salahnya melakukan riset kecil, demi menghindari penipuan dunia maya. Caranya mudah, masukkan nama toko yang sedang dilirik di mesin pencari seperti google. Biasanya toko online atau mall online dengan reputasi buruk akan dibicarakan pula di dunia maya.

Supaya tidak tertipu dengan tampilan barang di layar komputer, periksa seluruh detail yang tertera. Mulai dari bahan yang dipakai hingga ukuran dan panjang pakaian.

Toko online memberi kesempatan untuk berbelanja barang secara luas. Produk dalam atau luar negeri yang sulit diakses kini dengan mudah tersaji di depan layar komputer. Sedangkan bagi desainer, toko online memberi kesempatan untuk menjual produknya ke seluruh dunia. *

2 komentar:

  1. iy ambak paling enak itu kita cari revoew temen2 sendiri dulu ya sebelum beli online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih mudah untuk dipercaya kalau testimoni dari teman sendiri ya mbak :)

      Hapus